Sabtu, 16 Oktober 2010

Mereka Bilang Saya Atos


Satu waktu, aku ingat betul apa saja yang aku lakukan dulu, seperti trial film, melintas tepat di depan mataku, apapun yang aku lakukan di masa lalu. Kata-kata manis yang melekat di memori, juga kata-kata menohok yang juga sulit untuk dilupakan. Semua kembali lagi terbesit di otakku.

Aku yang dulu tentu BERBEDA dengan aku yang sekarang, yang aku tahu adalah, aku menjadi gadis yang mempunyai sikap ‘lebih baik’, bettering my self, kata0kata itu selalu muncul ketika aku hendak berbuat sesuatu yang secara sadar atupun tidak.


Waktu terus berputar ke depan, aku sendiri tak begitu menyadari waktu yang begitu panjang itu terasa begitu cepat mengisi hidupku, merubah segala perilaku dan sifatku.

Hingga suatu minggu di mana aku bertemu dengan teman-teman lamaku, nostalgia akan masa lalu tentu tak bias dihindari, tapi yang sampai saat ini masih meracuni pikiranku adalah ketika mereka mengatakan bahwa aku ‘berbubah’.


Aku menyadari semua hal itu, hari demi hari, satu per satu dari teman-temanku memprotes perilakuku akhir-akhir ini, atau mungkin waktu kini.

A: “Kamu berubah nit, nggak kayak dulu. Aku kangen kamu yang dulu, Anit yang sekarang beda, nggak supel lagi.”

B: “Kamu nggak asyik, nggak nyante, nggak nyaman lagi buat di ajak ngobrol, kamu beda sekarang.”

C: “ Kamu sekarang kok atos e, Nit. Jutek banget, nggak kaya dulu yang selalu say ha say hi, ramah abis, seru. Sekarang atos banget.”

D: “Kamu sekarang pendiem, nggak cerewet kaya dulu, jadi nggak rame tau nggak.”

E: “Kamu suka emosian sekarang, marah-marah terus bawaanya, nggak kaya dulu yang selalu ngeredam aku buat nggak marah. Aneh kamu, freak Nit.”

Aku bingung dengan apa yang mereka bilang satu atau dua minggu ini, tiba-tiba aja mereka datang ke aku dan bilang semua itu di penghujung sms atau telfon, yaa, aku mulai terbiasa dengan kritik mereka itu, ku hargai sebagai tolok ukur untukku berubah menjadi lebih baik. Jujur, sedikit shock aku mendengarnya, hanya saja setelah aku ingat kembali, aku piker berulang kali, yaa, kuakui aku memang BERUBAH. Aku yang sekarang emosian, atos, egois, gede gengsi, nutup hati, aku yang sekarang jutek, judes, dan pendiem, nggak kaya dulu yang cerewet.

Jujur, aku nggak ngerti gimana jelasinnya, hanya, aku sendiri mencoba menjadi diriku sendiri dulu, tapi tak bisa dengan sekarang, Aku tak bisa seperti dulu lagi yang ‘tanpa beban’ karena pada kenyataanya masala yang berat dan bertubi-tubi itu telah membuat mentalku keras, oto ku kaku. Aku tak tahu bagaimana harus bersikap selayaknya, aku telah mencoba untuk sabar, Tapi masalah itu begitu banyaknya dan begitu dahsyatnya hingga aku tak mampu menyangganya sendiri, aku tak mampu, tapi aku dipaksakan untuk mampu, akrena aku tak ingin orang yang aku saying terpuruk dengan masalahku.

Teman, sahabat, keluarga, pacar, semua memberiku satu pelajaran, satu masalah dalam sekali tempo, bagaimana aku menampungnya, aku yang dulu hanya gadis kecil yang tak tahu apa-apa tentang hidup, hingga aku harus dihadapkan dengan sebuah keadaan dimana tak seharusnya anak kecil sepertiku mengetahuinya bahkan terlibat di dalamnya, keadaan yang mampu merubah seluruh tatanan kehidupanku yang awalnya begitu indah, yang awalnya kurasa sangat sempurna.

Kini, memang tak semua masalah itu terselesaikan, tapi setidaknya aku bisa menyingkirkannya sejenak, melupakannya dan bersikap seolah tak terjadi apa-apa, dan aku berhasil melakukannya, entah suatu saat nanti semua akan jadi borok, setidaknya aku telah dewasa untuk mengerti ..

Yang perlu aku lakukan sekrang adalah, melupakannya semua, walaupun dengan itu aku hanya menghindarinya, tapi setidaknya itu tak begitu menghambat langkahku, tak membayangiku di setiap kedipan dan hembusan nafasku.

Aku ingin berubah, menjadi sesorang yang sabar dengan segala hal, bukankah sabar itu tak ada batanya, yaa, kutahu aku pasti bias, berubah menjadi Anit yang dulu lagi, tanpa mengubah apa yang baik yang telah aku lakukan sekarang, dan menambah segala hal buruk yang kulakukan di masa lalu.

Aku percaya aku bisa. Cause nothing impossible in this world :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayoo comment :p
makasi :D